Mari Kita Peduli Kp.Patrol Desa Dano, Kec. Leles, Kab. Garut, Jawa Barat -->

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Masukkan kode iklan di sini. Direkomendasikan iklan ukuran 970px x 250px. Iklan ini akan tampil di halaman utama, indeks, halaman posting dan statis.

HPK

Mari Kita Peduli Kp.Patrol Desa Dano, Kec. Leles, Kab. Garut, Jawa Barat

Admin
Minggu, 13 September 2015
Majalah45.com - Mari kia peduli Kp.Patrol Desa Dano, Kec. Leles, Kab. Garut, Jawa Barat ,Karena Tingkat pelayanan maupun pembangunan fasilitas umum di pedesaan dan perkampungan Kabupaten Garut masih sangat rendah.
Kesadaran akan pentingnya kebersihan lingkungan sebenarnya telah melekat pada pemahaman setiap individu, semua sadar bahwa kenyamanan akan kebersihan lingkungan sudah menjadi kebutuhan masyarakat pada umumnya.
Namun demikian keinginan dan harapan untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman terutama sarana MCK belum terpenuhi karena belum adanya pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah daerah setempat
Selain faktor belum adanya bantuan pembangunan dari Pemerintah Kabupaten Garut, jika harus dilakukan pembangunan MCK dengan anggaran dari masyarakat, tidak seluruhnya warga masyarakat memiliki kelebihan materi untuk membangun MCK di rumah masing-masing.

MCK Umum tersebut berbentuk jamban dengan berbagai jenis jamban yang dibangun secara swadaya oleh masyarakat sendiri. Jamban-jamban tersebut dialiri oleh air yang berasal dari sumber mata air pegunungan milik warga.

Selain digunakan oleh warga secara bersama-sama, mengingat hampir 100% warga bermatapencaharian yang homogen sebagai petani dan atau buruh tani, hampir dipastikan MCK umum digunakan secara serentak dalam waktu yang bersamaan. Sehingga menimbulkan antrian maupun penumpukkan masyarakat pengguna pada saat-saat tertentu.

Salah satu solusi untuk mengatasi masalah diatas adalah dengan membangun MCK Umum yang memiliki beberapa bilik pintu/ruangan untuk fungsi kegunaan yang berbeda serta dapat menampung banyak orang.

MAKSUD DAN TUJUAN
1 .Pembangunan MCK Umum di Lingkungan Kp. Patrol RT.001/RW.007, Desa Dano, Kec. Leles, Kab. Garut, Jawa Barat dimaksudkan untuk;

¨      Terwujudnya masyarakat yang baik dan sehat.

¨      Terwujudnya sarana kebersihan berupa MCK.

2. FAKTA OBJEK
Dari total sekitar 170 kepala keluarga (KK) yang menghuni lingkungan Kp. Patrol RT.001/RW.007, hanya sekitar 11 KK yang memiliki MCK di rumah masing-masing, sedangkan sisanya 159 KK menggunakan fasilitas MCK Umum secara bersama-sama.

Sesuai dengan data dari pemerintah daerah setempat, kondisi warga dan perbandingan jumlah jamban disajikan sebagai berikut:





SURAT PENGANTAR


LEMBAR PERNYATAAN DAN PENGESAHAN KETUA RT DAN RW



  PANITIA

Susunan Panitia Pembangunan MCK Umum di Lingkungan Kp. Patrol RT.001/RW.007, Desa Dano, Kec. Leles, Kab. Garut, Jawa Barat


No
Jabatan
Nama

1
Penanggung Jawab Kegiatan
Ust. Alo Jaenudin
2
Ketua Panitia
Beni Sarbini, S.Si
3
Sekretaris Panitia

Fatimah, S.Pd
4
Bendahara Panitia

Bpk. Dede
5
Teknis Lapangan
Ketua RT.001/RW.007
Bpk. Ate Sudrajat
Bpk. Ray Murdani
6
Seksi Perlengkapan dan Peralatan
Bpk. Aju 
7
Pelaksana Konstruksi
Warga RT.001/RW.007
 

CP Panitia : Beni Sarbini, S.Si; HP. 085 220 168 931 

E. REKENING PANITIA
Sumbangan dan bantuan dapat disalurkan melalui Rekening:
0226868073 BNI a.n.  Ibu Ai Jamaliah
0004801580000693 BTN a.n. Ai Jamaliah 
 Sumber : BeniSarbini