Penyebab Memori Card di Android Cepat Rusak -->

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Masukkan kode iklan di sini. Direkomendasikan iklan ukuran 970px x 250px. Iklan ini akan tampil di halaman utama, indeks, halaman posting dan statis.

HPK

Penyebab Memori Card di Android Cepat Rusak

Admin
Jumat, 08 Agustus 2014
Majalah45.com Jakarta - Mengapa memori card di Android cepat rusak? Sejak saya pakai Android kurang lebih lima bulan saya sudah ganti memori card tiga kali. Apakah Android memang seperti itu, kalau iya bagaimana caranya supaya memori card-nya tidak cepat rusak. (Alvin Apriansyah)

Jawaban:

memori card termasuk komponen yang cukup bekerja keras di smartphone, untuk selalu diisi data baru atau dihapus berulang-ulang. Sama seperti semua device atau barang ada standar kualitas yang berbeda-beda, hal yang sama terjadi pada memori card.

Maka kita akan mendapati, misal memori card sejenis, 16 GB class 10, ada yang berharga murah ada yang berharga mahal. Bahkan ada yang abal-abal tidak sesuai kapasitas atau kecepatan class-nya.

Jika sudah 3x dalam 5 bulan Anda berganti memori card, apakah mereknya sama? Jika sama, kemungkinan saatnya Anda berganti brand atau merek lain. Sebab, seringkali walau kebanyakan merek memori card memberikan garansi, dan mengganti yang rusak dengan yang baru, tetapi mereka tidak memiliki garansi terhadap isi data anda di memori card yang seringkali jauh lebih berharga dari harga memori card tersebut.

Memang ditemukan beberapa brand smartphone terkadang tidak terlalu cocok dengan memori card merek tertentu, dan beberapa tipe ponsel berulang kali merusak memori card dengan brand yang sama. Tetapi setelah diganti memori card dari brand lain, tidak pernah lagi timbul masalah.

Petunjuk kasus ini bisa kita temui di forum-forum smartphone.

Kemudian kebiasaan kita juga bisa menjadi pemicu awet tidaknya memori card atau data di dalamnya. Misalnya, setiap kita menghubungkan smartphone Android ke PC untuk memindahkan data, jangan lupa senantiasa selalu melakukan klik menu untuk 'safely remove hardware and eject' media sebelum melepas sambungannya dengan PC.

Kalau memori card ingin dikeluarkan dan dipindah dari smartphone Android, jangan lupa senantiasa memilih terlebih dahulu menu, setting, storage dan unmount SD card. Baru setelah ada notifikasi di layar bahwa sudah aman melepas memori card, kita melepaskannya.

Hal ini kita lakukan supaya ketika memori card dilepas, kondisinya sudah benar siap dan tidak sedang diakses oleh unit. Jadi generalisasi anggapan ponsel android sering merusak memori card, tidak tepat.

source : http://inet.detik.com/read/2014/08/07/101318/2655536/1569/memori-card-di-android-kok-cepat-rusak