Tips puasa Saat Hamil -->

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Masukkan kode iklan di sini. Direkomendasikan iklan ukuran 970px x 250px. Iklan ini akan tampil di halaman utama, indeks, halaman posting dan statis.

HPK

Tips puasa Saat Hamil

Admin
Kamis, 03 Juli 2014
Majalah45.com - Dalam kondisi baik (Tanpa gangguan masalah kesehatan yang melatar belakangi), wanita dalam kondisi hamil dapat menjalankan ibadah puasa. Hanya saja, persiapan tubuh mengalami dehidrasi dan penurunan supplay energi diwaktu tertentu, membuat wanita hamil yang ingin berpuasa harus memiliki persiapan yang cukup untuk menjalankan puasa.

Kunci boleh tidaknya wanita hamil bisa berpuasa adalah konsultasi dengan dokter. Dalam hal ini, seseorang dapat mengetahui kualitas fisik dengan bantuan dokter untuk bisa berpuasa. Terlepas dari masalah yang melatar belakangi, wanita hamil dalam kondisi baik dapat menjalankan puasa seperti orang biasa. Dan agar

badan tetap fit, kualitas menu makanan saat sahur dan buka harus diperhatikan. Berikut tips diantaranya :
Menu makan saat sahur
Jenis makanan mengandung protein dan lemak adalah jenis makanan yang disarankan. Karena protein dan lemak dapat bertahan lebih lama di pencernaan. Dengan kata lain, menu makanan ini akan memperlambat munculnya rasa lapar, terutama di siang hari. Jenis makanan yang disarankan dalam hal ini adalah daging-dagingan.

Selain itu, konsumsi cukup makanan mengandung vitamin C. Cara ini akan membuat vitalitas tubuh Anda tetap terjaga. Sedangkan hal yang harus dihindari adalah jenis makanan manis. Jenis makanan ini akan membuat hanya akan membuat tubuh lemas dan cepat lapar karena insulin shock.

Minum air sebanyak-banyaknya, saat sahur juga disarankan, atau setidaknya Anda memenuhi aturan 2 liter air setiap harinya. Tambahan satu gelas susu hangat, akan menjauhkan risiko anemia pada wanita hamil.
Saat berpuasa
Niat adalah kunci sukses wanita hamil bisa berpuasa. Karena secara psikis, hal ini akan membuat puasa Anda jauh lebih ringan. Selain itu, sediakan porsi istirahat yang cukup agar kualitas vitalitas tubuh Anda terjaga. Kurangi kegiatan ekstra untuk mencegah tubuh lemas atau dehidrasi.
Tak selalu mulus, saat berpuasa wanita hamil juga kerap mengalami beberapa masalah. Seperti mengalami muntah dengan intensitas berlebih, diare, mimisan (kondisi tubuh tidak stabil), lemas, keringatan secara berlebih. Jika satu diantara hal tersebut terjadi, segera batalkan puasa demi kesehatan ibu dan janin.
Menu Saat Berbuka
Minuman hangat dan manis akan memperbaiki kualitas kadar gula darah Anda. Tapi ingat, batasi makanan dan minuman manis untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan. Selain itu, hindari minuman dingin, hal ini dapat menurunkan kerja lambung.

Lalu, makanan mengandung karbohidrat simpleks bisa jadi pilihan. Dalam hal ini ibu bisa pilih kolak atau kurma sebagai teman berbuka.

Makan secukupnya, karena terlalu banyak hanya akan membuat tubuh menjadi lemas. Lalu jika lapar, Anda bisa melanjutkannya setelah salat tarawih. Agar produksi ASI lancar, sebelum tidur, mengonsumsi makanan ringan dan minuman hangat adalah pilihan yang tepat.
Selamat Mencoba

Sumber : berbagai sumber