Satu TPS di Yogyakarta Coblos ulang besok -->

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Masukkan kode iklan di sini. Direkomendasikan iklan ukuran 970px x 250px. Iklan ini akan tampil di halaman utama, indeks, halaman posting dan statis.

HPK

Satu TPS di Yogyakarta Coblos ulang besok

Admin
Rabu, 09 Juli 2014
Majalah45.com - Yogyakarta -Satu tempat pemungutan suara di Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta akan menggelar pencoblosan ulang pada Kamis, 10 Juli 2014 besok.

Gara-garanya, setelah dilakukan perhitungan suara terdapat kelebihan tiga lembar surat suara. "Pasti ada satu pemilih yang memakai lebih banyak surat suara," kata Ketua Badan Pengawas Pemilu DIY Muhammad Najib di kantornya, Rabu 9 Juli 2014 sore. 

Menurut dia, peristiwa itu terjadi di TPS 3 Grigak, Giripurwo Kecamatan Girimulyo. Sesuai dengan laporan yang ia terima, di TPS itu terdapat kelebihan tiga surat suara. "Jadi (jika ditotal semua) surat suara kelebihan tiga dibanding jumlah DPT," katanya. 

Bawaslu, kata dia, curiga ada yang tak beres dalam proses pemungutan suara di TPS itu. Sehingga Bawaslu merekomendasikan agar pemunguran suara di TPS itu diulang. 

Komisi Pemilihan Umum DIY mengakui adanya satu TPS di Kulonprogo yang harus menggelar pemilu ulang karena kelebihan surat suara. "Karena ada kelebihan empat lembar," kata Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Humas KPU DIY Farid Bambang Siswantoro menyebut jumlah kelebihan surat suara yang berbeda dengan Bawaslu DIY. 

Yang jelas, kata dia melanjutkan, ada seseorang yang membawa surat suara dari luar TPS dan memasukkannya ke dalam kotak pemungutan suara. "Besok pemilunya (coblosannya) diulang," ujar dia. 

sumber : tempo.co