Alkohol membunuh lebih dari 88.000 orang per tahunnya -->

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Masukkan kode iklan di sini. Direkomendasikan iklan ukuran 970px x 250px. Iklan ini akan tampil di halaman utama, indeks, halaman posting dan statis.

HPK

Alkohol membunuh lebih dari 88.000 orang per tahunnya

Admin
Sabtu, 28 Juni 2014
Majalah45.com - Selama ini banyak penelitian yang memberikan hasil simpang siur terkait dengan alkohol. Ada yang mengungkap bahwa konsumsi alkohol buruk untuk kesehatan, namun tak jarang juga ada yang mengklaim sebaliknya. Meski begitu, sebuah penelitian terbaru menemukan fakta bahwa mengonsumsi terlalu banyak alkohol bisa memicu kematian dini.
Penelitian terbaru yang dilakukan oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC) ini mengungkap bahwa konsumsi alkohol dalam jumlah yang banyak menjadi penyebab utama kematian dini di Amerika Serikat. Alkohol menjadi penyebab satu dari 10 kematian dini pada orang dewasa.

Peneliti menggunakan data dari Alcohol-Related Disease Impact (ARDI) untuk mengetahui jumlah kematian total yang berkaitan dengan alkohol pada orang dewasa berusia 20 sampai 64 tahun di Amerika Serikat mulai tahun 2006 hingga 2010. Peneliti menemukan bahwa alkohol merupakan penyebab dari 88.000 kematian per tahun di Amerika Serikat. Tak hanya itu, alkohol juga ditengarai bisa mengurangi usia seseorang hingga 30 tahun.

"Secara total, terdapat kemungkinan 2,5 juta kematian per tahun akibat konsumsi alkohol yang berlebihan," ungkap peneliti Dafna Kanny dari CDC, seperti dilansir oleh Live Science (26/06).

Jumlah kematian yang disebabkan oleh alkohol pun meningkat hingga 12.000 kematian sejak tahun 2004 per tahunnya. Beberapa kematian yang terkait dengan konsumsi alkohol antara lain adalah kecelakaan dan penyakit kronis. Penyakit kronis yang bisa disebabkan oleh alkohol dan memicu kematian antara lain penyakit lever (14.000 kematian per tahun) dan sindrom ketergantungan alkohol (3.700 kematian per tahun).

Meski penelitian ini dilakukan di Amerika Serikat, namun tentunya hasil tersebut bisa digunakan sebagai pelajaran oleh kita. Hindari alkohol jika ingin menjaga tubuh tetap sehat dan terhindar dari penyakit kronis yang bisa memicu kematian.