Bitcoin si Mata Uang 'Sakti' Bakal Jadi Uang Masa Depan? -->

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Masukkan kode iklan di sini. Direkomendasikan iklan ukuran 970px x 250px. Iklan ini akan tampil di halaman utama, indeks, halaman posting dan statis.

HPK

Bitcoin si Mata Uang 'Sakti' Bakal Jadi Uang Masa Depan?

Rabu, 11 Desember 2013
Majalah45, Jakarta -Suka atau tidak, Bitcoin masih akan eksis dalam waktu yang panjang jika melihat popularitasnya yang menanjak dengan cepat. Apakah mata uang dunia maya atau virtual currency ini akan jadi nilai tukar yang paling umum di masa depan?

Para penggila teknologi, direktur perusahaan dan investor memadati konferensi 'Le Web' di Paris Selasa waktu setempat. Mereka berkumpul untuk diskusi dan memprediksi masa depan Bitcoin.

"Saya kira masih banyak yang akan terjadi di dunia finansial dalam jangka pendek ini, terutama disebabkan oleh Bitcoin," ujar Fred Wilson, investor teknologi yang sudah lama pegang saham Twitter dan Kickstarter seperti dikutip dari CNN, Rabu (11/12/2013).

"Sekarang ini cara pembayaran dan arus transaksi di internet sama seperti peralihan data atau gambar yang biasa. Itulah mengapa tren Bitcoin ini tidak bisa dihindari," ujarnya.

Ia mengatakan, perusahaan seperti PayPal, Visa atau Mastercard tidak memegang kendali atas arus transaksi di internet. Mereka hanya sebatas pengguna arus transaksi di sektor finansial yang melayani pembayaran.

Bahkan, Presiden Direktur PayPal David Marcus sendiri juga punya prediksi Bitcoin ini akan makin populer di masa depan. Marcus yang juga memegang Bitcoin ini berharap tak lama lagi mata uang digital ini akan bisa digunakan secara umum di situs jual beli seperti eBay.

Namun ada satu tantangan yang harus dihadapi oleh Bitcoin, yaitu volatilitas nilai tukarnya yang masih sangat tinggi. Jika ingin menjadi nilai tukar yang umum maka harus ada cara untuk meredam volatilitas ini.

"Ini bukan mata uang asli dan tidak akan jadi nilau tukar resmi sebelum volatilitas ini bisa diredam," ujarnya.

Nilai Bitcoin memang sudah naik tinggi. Bandingkan saja, Januari tahun ini nilainya masih US$ 13 dan sekarang sudah mencapai US$ 1.200.(ang/dru)

Sumber: http://finance.detik.com/read/2013/12/11/143024/2438916/5/bitcoin-si-mata-uang-sakti-bakal-jadi-uang-masa-depan