Cara Mengatasi Sakit Kepala -->

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Masukkan kode iklan di sini. Direkomendasikan iklan ukuran 970px x 250px. Iklan ini akan tampil di halaman utama, indeks, halaman posting dan statis.

HPK

Cara Mengatasi Sakit Kepala

Admin
Selasa, 27 November 2012

Sakit kepala memang sangat menyebalkan, bahkan dapat mengganggu aktivitas dan pekerjaan anda. Berikut adalah tips mengatasi sakit kepala:

    Headache
  1. Stretching : Sakit kepala dapat timbul akibat otot yang tegang. Menarik nafas yang dalam dan meregangkan otot-otot leher dan pundak dapat membantu merelaksasi otot-otot tegang yang dapat menyebabkan sakit kepala. Jika anda ada waktu, senam yoga juga dapat merelaksasi otot-otot tubuh anda dan membantu mengatasi stres yang dapat memicu nyeri kepala.
  2. Kompres dingin/ panas : Kompres dingin dapat mengurangi peredaran darah dan peradangan, sedangkan kompres darah dapat meningkatkan peredaran darah. Namun menurut ahli, kedua jenis kompres ini dapat membantu meringankan nyeri kepala.
  3. Kafein : Kafein terbukti dapat mengurangi gejala sakit kepala dengan cara menghambat reseptor adenosin yang ada di otak. Adenosin adalah neurotransmitter yang berfungsi untuk pelebaran pembuluh darah, sehingga nantinya akan menekan otak dan menyebabkan nyeri kepala. Dengan menghambat produksi adenosin, maka pembuluh darah akan berkonstriksi dan meringankan gejala sakit kepala.
  4. Teh peppermint : Terkadang nyeri kepala dapat pula disertai dengan sakit perut atau mual. Menurut penelitian, teh peppermint dapat meringkankan sakit perut dan mual.
  5. Obat-obatan : Obat seperti parasetamol dan aspirin dapat meringankan peradangan dan menghambat zat-zat kimia di otak yang menyebabkan rasa sakit. Obat-obat tersebut terkadang ditambahkan dengan kafein yang dapat meningkatkan penyerapan di usus, sehingga lebih efektif jika dipakai pada nyeri kepala yang lebih berat.
Tips di atas hanya ditujukan untuk mengurangi nyeri kepala yang ringan. Jika anda mengalami snyeri kepala yang hebat dan/atau menetap, segeralah periksa ke dokter terdekat.